PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN UNTUK MEMBELI PRODUK SABUN WANGSA PADA PT TANIMAS SOAP INDUSTRIES
Abstract
RINGKASAN - Penelitian ini dilakukan di PT Tanimas Soap Industries. Pada perusahaan ini mengalami penurunan kepuusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan yang diakibatkan oleh kalah bersaing dalam harga sabun wangsa, citra merek yang belum baik dan penurunan kualitas produk sabun wangsa. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh persaingan harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pelanggan untuk membeli produk sabun wangsa pada PT Tani Soap Industries. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 214 pelanggan dan sampel berjumlah 139 pelanggan. Teknik analisa data mengunakan analisis regresi linear berganda. Hasil perhitungan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,978 > 1,978 dan signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 4,109 > 1,978 dan signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 3,429 > 1,978 dan signifikan yang diperoleh 0,001 < 0,05 dan nilai F hitung (28,940) > F tabel (2,67) dan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan simultan persaingan harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pelanggan untuk membeli produk sabun wangsa pada PT Tanimas Soap Industries. asil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,372 hal ini berarti 37,8% dari variasi variabel terikat yaitu keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu bebas harga, citra merek dan kualitas produk tsedangkan sisanya sebesar 62,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, seperti pelayanan, strategi pemasaran, brand awareness dan sebagainya.Kata kunci : Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pelanggan