PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NALAR SISWA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 GUNUNG SITOLI ALOOA

Abstract

RINGKASAN - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan nalar siswa pada Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu kelas X. Sebelum dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education, terlebih dahulu dilakukan pembelajaran konvensional. Setelah itu dilakukan pengujian kemampuan siswa dengan melakukan test kepada siswa dan hasilnya dicatat. Setelah itu baru dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education dan dilakukan juga test terhadap siswa. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa pembelajaran konvensional dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMK Negeri 1 Gunung Sitoli dengan metode pembelajaran realistic mathematics education (RME) memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional.Kata kunci : Realistic mathematics education, Kemampuan Nalar dan Matematika