Uji Statistika Kualitas Pelayanan Bagi Wisatawan Difabel Pada Wisata Bahari (Studi Kasus Daerah Wisata Desa Suli)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kualitas pelayanan pengelola wisata bahari daerah desa Suli dengan pendekatan uji statistika. Dengan hipotesis apakah variabel independen responsivenes, reliabilit, assurance, emphaty, tangibles berpengaruh positif (signifikan) terhadap kualitas pelayanan, dan apakah seluruh variabel independen tersebut secara simultan bersama-sama berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan. Saat ini kebutuhan berwisata menjadi kebutuhan penting, sebab dengan berwisata diperoleh pengalaman, informasi, dan pengetahuan baru. Semua itu bisa diperoleh, manakala layanan yang diberikan pengelola sangat berkesan, khususnya wisatwan difabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji reliabilitas dengan nilai spearman-brown adalah 0,9352 sehingga masuk kategori sangat tinggi. Uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov dan Jarque-Bera memiliki nilai p-value masing-masing adalah 0,779 dan 0,809 > 0,05 maka asumsi data terpenuhi. Uji mutikoliniieritas menunjukkan nilai variance inflation factor memiliki nilai < 10 maka tidak terjadi multikolinieritas. Uji homoskedastisitas terpenuhi dengan nilai p-value (sig) seluruh variabel independen > 0,05. Uji non-autocorrelation menggunakan Durbin-Watson dengan range nilai adalah 1 – 3 yakni 2,36. Uji koefisien determinasi dihasilkan bilai koefisien determinasi sebesar 0,8042 sangat mendekati nilai atau jauh dari nilai 0. Dan pada uji F, nilai p-value memiliki tingkat signifikansi < 0,05, maka seluruh variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen.