Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit dengan Metode Analisis SWOT dan Bisnis Model Canvas
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan sub sektor industri dibidang alas kaki berbahan kulit telah diamati di berbagai penjuru dunia, terlebih alas kaki berbahan kulit masuk dalam salah satu industri kreatif sektor fesyen. Terlebih Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai produsen alas kaki di dunia. Untuk mendukung pengembangan industri alas kaki berbahan kulit, penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang sesuai dengan posisi industri alas kaki berbahan kulit saat ini agar lebih tepat sasaran dalam pengembangan industri tersebut. Berdasarkan hal tersebut, metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengukur posisi bisnis industri, dan dikombinasikan dengan menggunakan model bisnis canvas untuk memetakan model bisnis yang dapat dijadikan pedoman dalam upaya pengembangan industri alas kaki berbahan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa industri alas kaki berbahan kulit ada pada posisi nilai matriks yang cukup tinggi, sehingga termasuk pada kategori strategi tumbuh dan membangun, maka ada beberapa alaternatif yang tepat untuk posisi bisnis seperti ini, yaitu diantaranya dengan integrasi industri baik secara mundur, maju, maupun horizontal, selain itu dapat dilakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Maka dari beberapa alternatif tersebut, dirumuskan rencana pengembangan industri alas kaki berbahan kulit melalui bisnis model canvas yang memetakan 9 blok komponen dalam meningkatkan bisnis.