LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh beberapa bentuk alternatif layanan bimbingan dan konseling pada lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Permasalahan dan pengumpulan data berasal dari kajian kepustakaan sebagai penyajian ilmiah yang dilakukan dengan memilih literatur yang berkaitan dengan tema penelitian. Sumber Data yang digunakan berasal dari literatur yang membahas tentang berbagai macam bentuk atau model layanan bimbingan dan konseling pada lembaga pendidikan anak usia dini. Teknik Analisis menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa di antara bentuk layanan bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan pada lembaga pendidikan anak usia dini adalah layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan pendekatan child-centered play therapy (CCPT), person-centered consultation; dan solution-focused brief therapy (SFBT). Praktik layanan bimbingan dan konseling pada lembaga pendidikan anak usia dini dapat berjalan optimal apabila memperhatikan beberapa kata kunci yang membahas tentang kemampuan