HAFALAN SURAH AL KAFIRUN MELALUI GERAK KINESTETIK ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembelajaran melalui metode gerak kinestetik dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan hafalan surat Al Kafirun pada anak BA Aisyiyah Kwaren II, Ngawen, Klaten. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research) dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas anak didik dan guru, test, tanggapan guru mitra, dan monitoring observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan dengan pembelajaran melalui metode gerak kinestetik, lebih diperhatikan dan diminati oleh anak didik. Aktivitas anak didik lebih meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dibuktikan dari anak didik lebih aktif, lebih berani bertanya, mulai meningkat dari kemampuan hafalan surat Al Kafirun, berani mencoba menghafal surat Al Kafirun baik dengan atau tanpa bimbingan guru, serta lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil penilaian unjuk kerja kemampuan hafalan surat Al Kafirun meningkat, yaitu; Pra siklus nilai rata-rata anak didik sebesar 56, siklus I sebesar 69 dan pada siklus II menjadi 82. Selanjutnya berdasarkan tanggapan guru mitra dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan teknik pemodelan menjadi lebih menyenangkan, lebih mudah dipahami, membuat anak didik ingin lebih aktif dan kreatif, dan tidak membingungkan. Kata kunci : Hafalan, Al Kafirun, Gerak, Kinestetik, Anak.