UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA DI TK ISLAM KREATIF KELUARGA CERIA BERAN TRIDADI SLEMAN

Abstract

Pencapaiaan perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kelompok A salah satunya adalah anak mampu menunjukan rasa percaya diri. Pencapaian perkembangan itu masuk dalam setiap satuan kegiatan rencana pembelajaran harian yang biasa disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Namun dalam pelaksanaan dilapangan yakni di TK IK Keluarga Ceria masih ditemui anak-anak yang memiliki rasa percaya diri kurang. Oleh karena itu, perlunya diadakan penelitian ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anak sebagai generasi penerus bangsa yang berkepribadian kuat danmenjadi generasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Bercerita pada anak-anak kelompok A1 di TK IK Keluarga Ceria Beran Tridadi Sleman, dan mengetahui kefektifan metode Bercerita dalam meningkatkan kepercayaan diri anak-anak kelompok A1di TK IK Keluarga Ceria. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Subyek peneitian adalah anak-anak kelompok A1 TK IK Keluarga Ceria yang berjumlah 19 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penerapan metode bercerita mampu meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok A1 TK IK Keluarga Ceria Beran Tridadi Sleman, dan metode bercerita efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok A1 TKIK Keluarga Ceria Beran Tridadi Sleman, dengan adanya peningkatan antar siklus memiliki prosentase siklus I = 42%, siklus II = 84%, dan siklus III = 94%. Kata Kunci : Metode bercerita, Kepercayaan diri, dan Anak usia dini