Pengembangan Modul Kimia Olimpiade Sains Nasional (OSN) Materi Elektrokimia

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan program pembinaan olah pikir untuk meningkatkan berbagai kompetensi peserta didik, namun pembelajaran di kelas kurang mendukung kemampuan peserta didik untuk mengikuti OSN. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia olimpiade sains nasional (OSN) materi elektrokimia dan menganalisis kualitas modul berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru kimia SMA/MA dan respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D ‎yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. ‎Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang ‎dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, modul kimia OSN yang ‎dikembangkan mendapatkan persentase keidealan 92% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 94,54% dengan kategori Sangat Baik (SB). ‎Adapun hasil respon dari guru kimia mendapatkan persentase ‎keidealan 87,62 dengan kategori Baik (B), dan berdasarkan respon ‎peserta didik diperoleh persentase keidealan 91% ‎dengan kategori Sangat Baik (SB).