Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dengan Creative Exercise Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Abstract

Model pembelajaran yang dapat mengukur berpikir kreatif peserta didik masih sedikit ditemui, maka dari itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercise terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara kognitif dan afektif serta untuk mengetahui efektivitas model tersebut pada pembelajaran materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sleman kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain noneqivalent control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kogniti peserta didik yaitu tes tentang larutan penyangga yang terdiri dari pretest dan postest, sedangkan afektifnya menggunakan self assessment berbentuk angket skala sikap berpikir kreatif, lembar observasi, dab lembar respon peserta didik. Teknik analisis efektivitas model pembelajaran Treffinger dengan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, baik secara kognitif maupun afektif. Hasil ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0.05 pada uji statistika kemampuan berpikir kreatif secara kognitif dan afektif berturut-turut sebesar 0.002 dan 0.034. Selain ituhasil uji N-Gain diperoleh sebesar 89.94% yang artinya model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercise efektif diterapkan pada pembelajaran kimia. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Treffinger dengan Creatif Exercise mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajara kimia.