Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pakem dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara mengintegrasikan pembangunan karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar guru-guru menerapkan pendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar sebagai upaya menanamkan nilai-nilai pembangunan karakter bangsa. Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk: a) Meningkatkan pemahaman Guru di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang dalam mengembangkan PAKEM; b) Meningkatkan keterampilan Guru di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang dalam mengembangkan PAKEM; dan, 3) Meningkatkan keterlaksanaan nilai pembangunan karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui model integrasi penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam dalam kegiatan belajar mengajar di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PTS ini adalah 1) Kegiatan bimbingan penerapan PAKEM bagi guru  di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang yang dilaksanakan Kepala Sekolah di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan pendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadap keterlaksanaan nilai-nilai pembangunan karakter bangsa, seperti nilai kerja keras, kerjasama, saling menghargai dan sebagainya.