PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAMASPEK BERBICARAMELALUI VARIASIMODELPEMBELAJARANDEBAT DENGAN TIME TOKEN

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sarana termudah untukmeneliti, menyempurnakan, dan mengevaluasi pengelolaan pembelajaran.Pembelajaran mempergunakan Variasi Model Debat dengan Time Token inidimaksudkan untuk 1. Meningkatkan keaktifan siswa dalam aspek berbicara2. meningkatkan sifat dan sikap kooperatif siswa dalam belajar 3.meningkatkan hasil prestasi belajar siswa 4. membuat siswa menikmatisuasana belajar sehingga siswa tidak jenuh. Dipihak guru pun dimaksudkanagar kebiasaan guru yang otoriter menjadi fasilitator, mengubah kegiatanpembelajaran ego-involvement menjadi task-involvement sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap dimulai dari tahap menyusun perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Secara keseluruhan empattahap ini membentuk kesatuan siklus (dua siklus). Penelitian dilaksanakandalam waktu 3 bulan (Januari—Maret) tahun 2014 di SMAN 3 KualaKapuas, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimanatan Tengah kelas X