KESALAHAN MORFOSINTAKSIS PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS 5 MI TERBITAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN HIDAYATULLAH

Abstract

Buku ajar memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar dan menyampaikan materi kurikulum dalam mata pelajaran sehingga menjadi bagian sentral dalam suatu sistem pendidikan. Buku ajar juga berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dasardan menengah, sehingga perlu adanya uji kelayakan buku ajar karena memungkinkan terjadinya kesalahan penulisan ataupun kesalahan penggunaan bahasa. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis buku ajar bahasa arab kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah terbitan Departemen Pendidikan Pengurus Pusat Hidayatullah Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan morfologi dan bentuk kesalahan sintaksis yang terdapat pada buku ajar bahasa arab kelas 5 Madrasah ISbtidaiyah terbitan Departemen Pendidikan Pengurus Pusat Hidayatullah Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan 10  kesalahan, 3 kesalahan berupa  sintaksis  dan 7  kesalahan  morfologi.