TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Abstract

<p>Peneliti memilih tindak tutur ilokusi sebagai fokus penelitian karena merupakan tuturan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Novel dipilih menjadi objek penelitian karena mengandung tuturan yang disampaikan oleh tokoh melalui dialog. Masalah yang dibahas dalam penelitian adalah bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi yang meliputi asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi dalam novel <em>Guru Aini</em> Karya Andrea Hirata serta implementasi dalam pembelajaran di sekolah, dengan tujuan untuk mendeskripsikan masalah tersebut. Manfaat penelitian yaitu menambah wawasan terhadap bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi dalam novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif . Bentuk dalam penelitian ini merupakan bentuk kualitatif. Sumber data yaitu novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan data yang digunakan yaitu jenis tindak tutur ilokusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter yaitu membaca isi keseluruhan isi novel, mengidentifikasi, menandai, mengklasifikasikan dan memasukkan ke kartu data teknik menguji keabsahan data yaitu ketekunan pengamatan dan kecukupan referensial. Hasil analisis tindak tutur ilokusi dalam novel <em>Guru Aini</em> Karya Andrea Hirata yaitu: tindak tutur asertif meliputi menyatakan, memberitahukan, melaporkan, menjelaskan, menolak, dan mempertahankan; tindak tutur direktif meliputi meminta, memohon, mengajak, bertanya, memerintah, menyarankan; tindak tutur komisif meliputi berjanji, bernazar, bersumpah, dan ancaman; tindak tutur ekspresif  meliputi meminta maaf, Berterima kasih, ucapan selamat, memuji, dan mengkritik; tindak tutur deklarasi meliputi setuju, tidak setuju, dan benar-benar salah. Berdasarkan hasil analisis, tindak tutur ilokusi direktif adalah paling dominan dalam novel <em>Guru Aini</em> karya Andrea Hirata . Implementasi pembelajaran dalam penelitian ini terdapat pada jenjang SMP kelas VIII semester genap pada Kompetensi Dasar pengetahuan 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi, 4.14 Menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaa, atau aspek lisan.</p>