PEMBELAJARAN ONLINE DI KOTA MALANG DAN BATU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK
Abstract
Peran penting pembuat kebijakan adalah untuk pengembangan dan perbaikan pelaksanaan program. Tujuan penelitian secara umum adalah mengevaluasi komponen pendukung pelaksanaan pembelajaran online yang meliputi fasilitas belajar di rumah dan perhatian orang tua dalam belajar, komponen input kemampuan awal siswa, dan komponen process keaktifan mengikuti pembelajaran online dalam kaitannya dengan peningkatan kompetensi siswa SMK di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu. Desain penelitian menggunakan penelitian evaluasi. Sampel penelitian melibatkan sebanyak 240 siswa program keahlian Multimedia di SMKN 4, 5, 11 Kota Malang dan SMKN 3 Batu. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling) dan LISREL. Hasil penelitian ini adalah, 1) kemampuan awal siswa berpengaruh langsung terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dan berpengaruh tidak langsung terhadap kompetensi, 2) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online berpengaruh terhadap kompetensi siswa.