GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH (GSMS) TERHADAP OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA N 1 CEPER KLATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dalam bidang seni tari/ gerak dan lagu, penguatan karakter cinta tanah air siswa melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari/gerak 1 dan lagu, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari/gerak dan lagu di SMA Negeri 1 Ceper Klaten. Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini diharapkan dapat menghidupkan kembali kesenian atau budaya lokal di sekolah. Selain itu, GSMS ini juga diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri, motivasi berprestasi, dan hasil belajar siswa yang masih rendah di bidang seni tari kreasi dan lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan seniman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dapat menguatkan karakter dan memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Nilai karakter yang dikuatkan dalam pelaksanaan GSMS dalam bidang seni tari/gerak dan lagu yaitu 1). Nasionalis yang di dalamnya terdapat lagu yaitu: larakter cinta tanah air, sehingga tertanam saling toleransi dan menghargai. Karakter cinta tanah air siswa tampak pada siswa mengenal dialek atau bahasa setempat ketika pembelajaran tari/lagu, 2) Rasa suka dan bangga terhadap budaya asli Indonesia. 3) Siswa pecaya diri dalam berperan aktif menunjukkan keterampilan menari dari hasil mempelajari budaya lokal. Faktor yang mendukung pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah antara lain: bakat dan minat peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, peran orang tua peserta didik, peran masyarakat, serta pemberian dana dari pemerintah. Faktor yang menghambat pelaksanaan GSMS antara lain: ketidaksesuaian waktu pembelajaran dengan kegiatan peserta didik dan ketidakhadiran beberapa peserta didik pada saat proses pembelajaran seni tari.