Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pendekatan Supervisi Kolaboratif di SMP Negeri 1 Inerie Kabupaten Ngada Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kompetensi profesional guru masih rendah terutama dalam mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Untuk mengatasi masalah rendahnya kompetensi profesional guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya, maka peneliti melakukan penelitian tindakan sekolah dengan menerapkan pendekatan supervisi yang belum pernah dilakukan sebelumnya yaitu pendekatan supervisi kolaboratif. Setelah melaksanakan penelitian selama 4 (empat) bulan sejak bulan September 2019 s.d. bulan Desember 2019 yang dilaksanakan dalam dua siklus terjadi peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Inerie Kabupaten Ngada dari pra-siklus sampai siklus 2. Rata- rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 70,45 dengan kriteria cukup dan Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 88,64 dengan kriteria baik.