Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX A SMPN 5 Kota Kediri pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Tantangan di Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Abstract

Dalam proses pembelajaran, Bahasa Indonesia dibagi menjadi empat aspek, yaitu menulis, membaca, mendengar, dan berbicara, harapannya siswa dapat menguasai materi melalui empat aspek tersebut. Namun, pada kenyataannya hasil belajar siswa kelas IX-A SMPN 5 Kota Kediri pada pelajaran Bahasa Indonesia masih belum mencapai standart yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian hanya 56 % siswa yang dapat lulus diatas KKM.Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran. Peneliti melihat diperlukannya sebuah penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti memilih sebuah model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa kedalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (Group process skills). Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa hingga 75% dengan nilai KKM minimal 74. Hasil peningkatan dapat terlihat dari data sebagai berikut: prasiklus 56%; siklus pertama 72%; siklus kedua 78%. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%.