Penerapan Strategi Pembelajaran Study Group untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMPN 4 Kediri pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Cepat di Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas VII C SMPN 4 Kediri tahun pelajaran 2015/2016 Semester I pada pelajaran bahasa Indonesia materi membaca cepat dengan menggunakan metode pembelajaran Study Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, angket, dan dokumentasi. Desain penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan yang pertama dari penelitian ini adalah terdapat 75% siswa yang lolos KKM. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 50% (17) siswa tuntas KKM.Lalu, pada siklus I terdapat 68% (23) siswa tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 79% (27) siswa tuntas KKM.Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 79% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM. Indikator keberhasilan yang kedua dari penelitian ini adalah 75% jumlah siswa dalam klasifikasi nilai A dan B. Berdasarkan data pada penelitian keberhasilan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas didapat pada siklus II, yaitu sebanyak 81,4% (26) siswa.