Meningkatkan Prestasi Belajar PAK Melalui Metode Kooperatif Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas IXC SMP Negeri 2 Soa

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAK dengan diterapkannya metodeĀ  kooperatif Diskusi Kelompok? (b) Bagaimanakah pengaruh MetodeĀ  kooperati fmodel Diskusi Kelompok terhadap motivasi belajar PAK? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PAK setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif - Diskusi Kelompok. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PAK setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatanĀ  pengamatan/observasi, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IXC tahun 2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Soa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAK.