Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Besaran dan Satuan Melalui Penerapan Metode Peta Konsep Pada Siswa Kelas VIIA SMPK Kartini Mataloko Tahun Pelajaran 2019-2020

Abstract

Latar Belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah sikap kurang bergairah, kurang aktif, kelas kurang berpusat pada siswa, dan kadang-kadang ada yang bermain-main sendiri di dalam kelas menjadi masalah yang dihadapi SMPK Kartini Mataloko khususnya untuk mata pelajaran IPA terpadu menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana aktifitas siswa dan hasil belajar fisika serta respon siswa pada pokok bahasan Besaran dan Satuan melalui model pembelajaran dengan Peta Konsep di kelas VIIA SMPK Kartini Mataloko. Dan tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan aktifitas siswa, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran di kelas VII-A SMPK Kartini Mataloko. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba untuk diatasi dengan model pembelajaran dengan Metode Peta Konsep. PTK dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMPK Kartini Mataloko semester 1 yang berjumlah 27 siswa. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes uji kompetensi, dan penyebaran angket. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir bersama, dan menjawab soal - soal. Hasil belajar siswa meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metode peta konsep siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan Besaran dan Satuan pada siswa VII-A SMPK Kartini Mataloko dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA pada pokok bahasan Besaran dan Satuan.