Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SDK Ngorabolo Kecamatan Golewa Selatan kabupaten Ngada Tahun Pelajaran 2018/2019

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan guru SDK Ngorabolo dalam mengembangkan strategi pembelajaran melalui pemilihan metode, media, alat peraga, maupun sumber belajar belum optimal. Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SDK Ngorabolo Kecamatan Golewa Selatan kabupaten Ngada Tahun Pelajaran 2018/2019” Berdasarkan latar belakang dirumuskan permasalahan, yaitu: bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis? Hasil akhir penelitian dimana guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan mutu sekolah.