Peningkatan Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran yang Efektif Melalui Supervisi Observasi Diskusi Panel di SDN 4 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Tahun 2019/2020

Abstract

Menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Kemmis dan Mc.Taggart penelitian tindakan kelas ini di lakukan di SDN 4 Padang Laweh Kec Koto VII Tahun Pelajaran 2019-2020 dengan objek 8 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif, melalui pembinaan supervisi observasi kelas hasilnya sangat baik. Hal itu tampak pada pertemuan pertama dari 5 orang guru yang ada pada saat penelitian ini dilakukan  nilai rata-rata mencapai 68,25% meningkat menjadi 74 % meningkat lagi 78,2% dan pada siklus 2 pertemuan 2 meningkat menjadi 79%. Dari analisis data di atas bahwa pembinaan guru oleh kepala sekolah pada supervisi observasi kelas melalui diskusi panel yang  efektif diterapkan dalam upaya meningkatkan kinerja guru, yang berarti proses pembinaan kepala sekolah lebih berhasil dan dapat meningkatkan kinerja guru, khususnya SDN 4 Padang Laweh, oleh karena itu diharapkan kepada para kepala sekolah dapat melaksanakan pembinaan melalui diskusi panel pada kegiatan supervisi observasi kelas  secara berkelanjutan.