Upaya Meningkatkan Hasil belajar Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Menggunakan Strategi TS-TS (Two-Stay Two-Stray) pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 1 Bajawa Tahun Pelajaran 2019-2020

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah minat belajar peserta didik kurang dan cenderung malas belajar sehingga hasil yang dicapai kurang maksimal, serta kurang adanya inovasi guru dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik merasa jenuh, bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Menurut peneliti strategi TS-TS sangat cocok untuk mengatasi masalah tersebut, dikarenakan tersebut merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar peserta didik dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi. Sehingga peneliti berkeingin untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Hasil belajar Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Menggunakan Strategi TS-TS (Two-Stay Two-Stray) Pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 1 Bajawa Tahun Pelajaran 2019-2020”. Strategi TS-TS ternyata mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pra-siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II, yakni 21 peserta didik yang nilianya memenuhi KKM pada Pra-siklus, sedangkan pada siklus I ada 25 peserta didik dan siklus II ada 32 peserta didik. Jika dibentuk dalam prosentase ketuntasan klasikal diperoleh pra-siklus 60,0%, siklus I sebesar 71,43% dan siklus II 91,43%. Sedangkan peningkatan hasil belajar pesarta didik antar siklus, yakni pra-siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,43% sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,0%. Sehingga terbukti adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi TS-TS.