Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat RPP Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri Satap Riung Barat Tahun Pelajaran 2018-2019
Abstract
Latar belakang permasalahan dari penelitian ini adalah Prosentase guru di SMP Negeri Riung Barat yang telah membuat RPP yang lengkap dan sesuai dengan tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMP Negeri Satap Riung Barat pada tahun ini masih rendah, rata-rata masih di bawah 60 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP melalui supervisi akademis dengan menggunakan pendekatan kelompok dan individu, bagi guru PNS yang sudah disertifikasi di SMP Negeri Satap Riung Barat , Semester 1 Tahun Pembelajaran 2018/2019. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam membuat RPP minimal baik dengan persentase 71 %-85%. Hasil observasi/ pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus . Pada pra siklus nilai rata-rata komponen RPP 46,45 % dan pada siklus I 57, 3% dan siklus II, 80,25 %