Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-E SMPN 3 Kediri pada Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Gambar Ekspresi Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Siswa kelas VII-E cenderung tidak menyukai dan malas untuk mempelajari materi Seni Budaya. Masalah tersebut ditemui di kelas VII-E SMPN 3 Kediri. Karena jumlah siswa yang banyak, membuat keadaan di kelas menjadi ramai dan tidak kondusif. Sehingga siswa tidak berkonsentrasi untuk belajar. Hal itu berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Dari data yang didapat peneliti, nilai rata-rata siswa tidak mencapai KKM. Peneliti memilih sebuah metode pembelajaran Reciprocal Teaching. Model Reciprocal Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dilaksanakan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan cepat melalui proses belajar mandiri dan siswa mampu menyajikannya di depan kelas. Model Reciprocal Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dilaksanakan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan cepat melalui proses belajar mandiri dan siswa mampu menyajikannya di depan kelas. Pembelajaran Reciprocal Teaching membantu siswa memusatkan perhatian apa yang sedang dibaca dan membuat siswa memahami materi pelajaran. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa hingga 75% dengan nilai KKM minimal 75. Hasil peningkatan dapat terlihat dari data sebagai berikut: prasiklus 53%; siklus pertama 71%; siklus kedua 85%. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Hasil peningkatan dapat terlihat dari nilai rata-rata siswa sebagai berikut: prasiklus 72,1; siklus pertama 78,2; siklus kedua 81,8. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator keberhasilan.