Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Dengan Menerapkan Model Pbl Dipadu Metode Tutor Sebaya pada Peserta Didik Kelas X di SMKN 5 Malang

Abstract

Penerapan model PBL (Problem Based Learning) dipadu dengan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis dalam materi menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek pada kelas X TKI 1 SMKN 5 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 5 Malang dengan menerapkan Model Problem Based Learning dipadu metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKI 1 di SMKN 5 Malang semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah sebanyak 37 siswa.  Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu metode tutor sebaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif.  Hasil peneltian yang telah dilakukan pada peserta didik mulai dari siklus I sampai siklus II, dan terjadi peningkatan di setiap siklusnya yaitu nilai rata-rata pada siklus I sebesar 79,27 meningkat menjadi 87,03 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar meningkat dari 26 peserta didik di siklus I menjadi 37 peserta didik di siklus II.