Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN Libunio Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Libunio Kecamatan Soa Kabupaten Ngada dengan menerapkan metode discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Libunio Kecamatan Soa Kabupaten Ngada yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS. Keberhasilan peningkatan Persentase ketuntasan prestasi belajar IPS siswa yang pada pra tindakan 40%, kemudian pada siklus I menjadi 60% dan pada siklus II mencapai 100%.