Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Riung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Abstract

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Riung Barat tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang, proses pembelajaran atau  sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Pada siklus I menunjukan peningkatan prosentase aktivitas siswa, pada pertemuan pertama 36 % dan pertemuan kedua 68%. Sedangkan di siklus II pertemuan pertama 72% dan pertemua kedua 88%. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 76%, sedangkan disiklus II ketuntasan belajar 84%, disamping itu tanggapan siswa juga positif terhadap model pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan model pembelajaran ini.