Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Karakteristik Negara Asean pada Siswa Kelas VI SDN Gadang I Kota Malang

Abstract

Pembelajaran    menggunakan   Mind Mapping  memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan tersebut (1) mencatat  dengan Mind Mapping dapat membantu pikiran berkonsentrasi; (2) Mind Mapping dapat dipergunakan untk belajar atau menghafal untuk ulangan; (3) Dengan peta pikiran, mengingat menjadi sangat mudah; (4) Mind Mapping mendorong untuk mencari kaitan (asosiasi) di antara informasi; (5) memberikan ringkasan atas subyek yang luas; (6)Mengumpulkan sejumlah besar data dalam suatu tempat (Buzan dalam Dryden & Vos, 200: 166) Hasil penelitian penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI SDN Gadang I, siklus I diperoleh rerata hasil belajar 81%. Hasil tersebut terdapat 34 siswa tuntas belajar dan 4 anak tidak tuntas belajar dari 38 siswa. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa perlu adanya suatu perbaikan pada siklus II. Pelaksanaan siklus II merupakan upaya perbaikan pada siklus I. Adapun hasil penelitian pada siklus II bahwa menggunakan metode Mind Mapping hasil belajar siswa meningkat. Peningkatan tersebut diperoleh rerata sebanyak 90%. Hasil tersebut terdapat 38 siswa dinyatakan tuntas semua. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI SDN Gadang I tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I  dan II diperoleh sebagai berikut: 1) Pembelajaran melalui metode Mind Mapping memudahkan siswa memahami materi pelajaran, serta pembelajaran lebih efektif dan efisien. 2) Hasil belajar meningkat. Penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut yaitu pada pra tindakan ke siklus I sebanyak 12%, dan siklus I ke siklus II sebanyak 9%. Hasil tersebut artinya bahwa penerapan metode Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang karakteristik Negara ASEAN pada siswa kelas VI SDN Gadang I Kota Malang.