Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Unsur Kelas XII IPA 1 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Mind Maple Lite

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan dari hasil UN tahun 2019 dan hasil Ulangan Harian TP 2018/2019 pada materi kimia unsur yang rendah.  Hal ini disebabkan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal ini juga disebabkan oleh materi kimia unsur merupakan materi pemahaman konsep berupa hafalan yang menuntut siiswa untuk dapat mengkonstruk pengetahuan terdahulu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Mind Maple Lite. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan model pembelajaran Mind Mapping di kelas XII IPA 1 SMAN 2 Padang Panjang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitan digunakan tiga instrumen yaitu lembar catatan pengamatan, catatan lapangan dan lembar tes yang dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMAN 2 Padang panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahawa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Mind Maple Lite dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hanya 60% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan 83%. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan sebesar 23% dan ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Untuk keterlaksanaan model pembelajaran Mind mapping meningkat dengan kualifikasi sangat baik.