Berliterasi Sejak Dini untuk Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum
Abstract
Kegiatan literasi sangat dianjurkan dan gencar dilakukan beberapa tahun terakhir ini di Indonesia tentu hal ini bertujuan agar siswa terbiasa berlitersi dan berpikir kritis. Definisi literasi sebagaimana yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V daring adalah (1) kemampuan menulis dan membaca; (2) pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu; (3) kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Dari sekian banyak definisi literasi hendaknya dapat diambil satu intisari bahwa begitu pentingnya literasi jika kita implementasikan dalam kehidupan. Gerakan literasi diharapkan mampu menyusup ke dalam sendi-sendi kehidupan anak-anak usia dini, taman kanak-kanak, siswa SD, SLTP, SLTA, dan PT. Tapi, apakah gerakakan literasi sudah mendapat dukungan semua pihak? Orangtua, masyarakat, Instansi pendidikan, dan pemangku kepentingan. Ataukah masih terjadi miskonsepsi literasi? Sehingga berliterasi belum dilakukan sepenuh hati.