Brand Image Batik Satrio Manah Tulungagung

Abstract

Merek merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu produk. Merek dapat menjadi suatu nilai tambah bagi produk baik itu produk yang berupa barang maupun jasa. Produk dengan citra merek yang baik secara tidak langsung akan membantu kegiatan perusahaan dalam mempromosikan produk yang dipasarkan selanjutnya dan hal tersebut juga akan menjadi kekuatan bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini merupakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik, marketing, customer service, dan konsumen Batik Satrio Manah dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analysis interactive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk membangun citra perusahaan yang positif, langkah awal yang dilakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan ruangan dan fasilitas-fasilitas yang ada. Selain itu, dalam menciptakan citra produk di mata konsumen agar konsumen loyal, maka Batik Satrio Manah menekankan pada kualitas pembuatan produknya dan proses pelayanan dalam pemasaran batiknya pada konsumen serta pelanggan. Disarankan bagi Batik Satrio Manah harus mempertahankan desain batik yang etnik modern agar dapat meningkatkan penjualan baik di dala negeri maupun di luar negeri, serta mempertahankan ciri khas dari Batik Satrio Manah yang terletak pada buketan pada setiap motif batiknya, serta konsumen bisa memberikan desain motif sendiri.