Strategi Meningkatkan e-Satisfaction pada Situs Belanja Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji faktor-faktor yang memengaruhi kepuasaan belanja online (e-satisfaction) di PT. XYZ Indonesia. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji empat variabel bebas yaitu kualitas produk, kualitas layanan, layanan pengiriman dan citra merek terhadap e-satisfaction. Data penelitian diperoleh dari 230 responden yang merupakan pelanggan PT. XYZ Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Uji t dilakukan sebagai pengujian hipotesis dalam melihat pengaruh setiap variabel independen secara terpisah terhadap variabel terikatnya. Sementara uji-F dilakukan untuk mengetahui efek variabel X ke variabel Y secara bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, layanan pengiriman dan citra merek secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan belanja online di PT. XYZ. Dua variabel yang tertinggi dalam pengaruhnya yang kuat serta signifikan adalah kualitas produk dan kualitas layanan. Sementara hasil uji F menunjukkan semua variabel x secara bersama- sama memengaruhi e-satisfaction secara positif dan signifikan. Artinya model ini fit untuk diuji kembali pada penelitian berikutnya dengan x dan y sama di luar populasi pada penelitian ini.