Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Melalui Supervisi Observasi Kelas di SMP Negeri 5 Aimere Tahun Pelajaran 2018-2019

Abstract

Latar belakang dari penelitian tindakan ini adalah kinerja guru SMP Negeri 2 Riung dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif masih rendah. Untuk meningkatkan kinerja guru guru SMP Negeri 5 Aimere peneliti dalam hal ini sebagai kepala sekolah melaksanakan supervisi observasi kelas dengan sampel 2 orang guru dari 10 guru yang ada di SMP Negeri 5 Aimere tahun pelajaran 2018-2019 pada bulan januari 2019 sampai maret 2019. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan ini adalah rata rata presentase kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran efektif ≥ 75 .Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada siklus 1, pada siklus 1 tidak ada satu guru yang tuntas dengan presentase 00 % artinya belum mencapai indikator keberhasilan dari penelitian ini yakni ≥ 75 %. Karena pada siklus 1 belum mencapai keberhasilan maka dilanjutkan pada tindakan siklus 2. Pada siklus 2, dari 2 guru yang menjadi sampel dari penelitian ini semuanya tuntas 100% dengan rata-rata presentase keberhasilan kinerja guru 75%, sehingga penelitian tindakan tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya karena apa yang menjadi target keberhasilan dari penelitian ini sudah tercapai.