PENINGKATAN PRETASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA SMK

Abstract

Tujuan yang mau digapai pada penelitian ini buat mengenali kenaikan hasil belajar anak didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta Budi Pekerti dengan memakai bentuk Index Card Match pada anak didik kelas XII Pemesinan 1 SMK Wisudha Karya Kudus pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kategori XII Pemesinan 1 SMK Wisudha Buatan Bersih diawali bulan agustus- oktokber 2019. Poin penelitian ini merupakan 36 anak didik kelas XII Pemesinan 1. Konsep riset yang dipakai merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bersumber pada hasil penelitian membuktikan kalau bentuk penataran Index Card Match bisa peningkatkan hasil belajar kelas XII Pemesinan 1 SMK Wisudha Buatan Bersih pada tahun anutan 2019/2020. Perihal itu ditunjukkan dengan Bersumber pada hasil riset hasil aksi kategori yang terdiri dari 3 langkah, ialah pra siklus, siklus I, serta siklus II, nampak kalau sehabis melaksanakan strategi penataran index card match, terjalin ketuntasan belajar dari pra siklus, siklus I serta setelah itu siklus II. Dari akuisisi hasil belajar anak didik, pada pra siklus, angka pada umumnya uji anak didik merupakan sebesar 65, 02 dengan ketuntasan belajar sebesar 25%. Dari pra siklus ke siklus I, kenaikan nilai pada umumnya hasil belajar menggapai 76, 94 serta kenaikan ketuntasan belajar klasikal menggapai 66, 67%. Sebaliknya pada siklus I ke siklus II, ada kenaikan nilai pada umumnya hasil belajar anak didik ialah dari siklus I, yang awal 76, 94 jadi 82, 2 pada siklus II. Sebaliknya ketuntasan belajar dengan cara klasikal naik awal 66, 67% pada siklus I jadi 83, 33% pada siklus II. Pada pra siklus anak didik yang belum berakhir belajarnya sebesar 27 anak, sebaliknya pada siklus I anak didik yang belum berakhir terdapat 12 anak, serta pada siklus II anak didik yang belum berakhir terdapat 6 anak. The purpose that will be achieved in this study to recognize the increase in the results of practicing students in the subjects of Islamic Religious Learning and Ethics by using the form of Index Card Match in students grade XII Pemesinan 1 SMK Wisudha Karya Kudus in the school year 2019 / 2020. This research is class action research. The research was conducted in category XII Booker 1 SMK Wisudha Buatan Bersih beginning in August- Oktokber 2019. This research point is 36 students of grade XII Booker 1. The research concept used is Class Action Research ( PTK). Sourced from the results of research proves that the form of Index Card Match management can improve the results of training class XII Booker 1 SMK Wisudha Artificial Net in the year 2019 / 2020. The subject is shown by sourced from the research results of the action category consisting of 3 steps, is pre-cycle, cycle I, and cycle II, it appears that after carrying out the strategy of index card match management, the completeness of practicing from pre-cycle, cycle I and after that cycle II. From the acquisition of the results of practicing protégés, in pre-cycle, the figure is generally the test of students is 65,02 with the completedness of practicing by 25%. From pre-cycle to cycle I, the increase in value in general the results of practice reached 76, 94 and the increase in classical training completed reached 66.67%. Conversely, in cycle I to cycle II, there is an increase in the value in general the results of practicing protégés are from cycle I, which is the beginning of 76, 94 to 82, 2 in cycle II. In contrast, the completeness of practicing in a classic way rose early from 66, 67% in cycle I to 83, 33% in cycle II. In the pre-cycle of students who have not ended their learning by 27 children, on the contrary in the first cycle of the protégé that has not ended there are 12 children, and in the second cycle of the protégé that has not ended there are 6 children.