PENGGUNAAN MEDIA “CRACK THE CIRCUIT” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK

Abstract

Penelitian ini didasari hasil belajar siswa yang cenderung mengalami penurunan selama daring khususnya pada rangkaian listrik kelas 9 C SMP Muh PK pada bulan September 2020. Salah satu penyebabnya sebagian peserta didik kurang mampu memahami dan menganalisis rangkaian listrik. Dari permasalahan tersebut, maka perlu diadakannya penelitian tindakan kelas dimana peneliti mencoba menerapkan penggunaan media Crack The Circuit. Media Crack The Circuit diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada rangkaian listrik. Metode penelitian ini menggunakan dua siklus dengan instrument yang digunakan meliputi evaluasi online, pengamatan dan pengarsipan data dengan 30 siswa yang terdiri 12 laki – laki dan 18 perempuan. Berdasarkan hasil uji instrument diperoleh data nilai rata – rata siswa pada siklus I yaitu 75,67 dengan 16 anak yang tuntas, sedangkan siklus II nilai rata – rata 85,67 dengan siswa yang tuntas 30 anak. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan media Crack The Circuit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik.