PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT SUNAH DENGAN STRATEGI PEMODELAN DI KELAS VII MTS AL-IHSAN TANAH GROGOT

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan alasan utama, yakni masih rendahnya prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih, khususnya untuk materi shalat sunah di kelas terteliti, yakni kelas VII MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Rendanya hasil belajar ini salah satu penyebabnya adalah tidak tepat dan tidak bervariasinya strategi belajar yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratoris antara guru sebagai peneliti dengan teman sejawat sebagai observer. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik, yakni teknik tes perbuatan dan observasi. Dari pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi pemodelan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih di kelas terteliti. Berdasarkan hasil tersebut disarankan 1) kepada para guru Mata Pelajaran Fiqih untuk dapat menerapkan strategi pemodelan dalam meningkatkan prestasi pada mata pelajaran fiqih, 2) kepada kepala sekolah agar memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para guru untuk berinovasi dan selalu memberikan dukungan, baik materiil dan moril, dan 3) kepada pemegang kebijakan bidang pendidikan, baik Kantor Kementrian Agama Kabupaten Paser, maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Paser agar memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui berbagai pelatihan.