PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MEMBANDINGKAN BANYAK BENDA MELALUI MEDOT UNTUK SISWA KELAS I SDN NGAGEL I/ 394 SURABAYA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa kelas I-a SDN Ngangel 1/ 394 belum tuntas belajar Matematika pada materi pelajaran membandingkan banyak benda. Penyebab kelemahan siswa dalam membandingkan banyak benda adalah : 1) siswa kurang menguasai materi perbandingan banyak benda, 2) siswa tidak teliti membandingkan banyak benda, 3) siswa kurang berkonsentrasi saat guru menerangkan materi membandingkan banyak benda. Hal ini disebabkan oleh pola pengajaran selama ini bersifat ceramah dan tanpa menggunakan media pembelajaran konkret sehingga siswa mudah bosan dan jenuh serta kurang terlibat aktif ketika pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa kelas I SDN Ngagel I/ 394 dengan penerapan medot (media sedotan).  Hasil pengolahan data yang telah dilakukan setelah penerapan media sedotan pada pembelajaran Matematika diperoleh hasil Aktivitas guru siklus I sebesar 73,75%, siklus II 85%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I 61,90% dan di siklus II 70,78%. Tes hasil belajar siswa juga meningkat, persentase ketuntasan belajar Siklus I 67,86% dan meningkat di siklus II 82,14%. Skor rata-rata siswa siklus I sebesar 76,86, meningkat di siklus II menjadi 81,10. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penggunaan media sedotan pada pembelajaran matematika materi membandingkan banyak benda mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.