PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab dengan model pembelajaran kontekstual berbasis pemodelan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 MAN 2 Malang. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 52,77% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 72, 22% dan siklus 3 mencapai 100%, danĀ  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Dengan rata-rata nilai 72,67 pada Siklus 1, 76,61 pada siklus 2 dan 86,94 pada siklus 3. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemodelan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII-IPA-2 dengan ketuntasan mencapai 100%