PEMANFAATAN KAHOOT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS VIIA SMPN 1 BATURETNO WONOGIRI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS melalui pemanfaatan kahoot bagi siswa kelas VIIA SMPN 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIA SMPN 1 Baturetno Wonogiri semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian adalah siswa di kelas VIIA sebanyak 30 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian mengikuti penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan selama proses pembelajaran, serta hasil penilaian diri terkait isian angket motivasi belajar dan pencapaian nilai tes prestasi belajar pada akhir pembelajaran, pemanfaatan Kahoot di setiap awal proses pembelajaran terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS bagi siswa kelas VIIA SMPN 1 Baturetno semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Siswa semakin antusias untuk mengikuti proses pembelajaran dan hasil penilaian harian pun menjadi lebih meningkat. Oleh karena itu, berdasarkan bukti secara teoritik maupun empirik, dapat diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan Kahoot dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS bagi siswa kelas VIIA SMPN 1 Baturetno semester 2 tahun pelajaran 2019/2020.