PENGGUNAAN MEDIA YOEM (YES ONE EYE MONSTER) GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Matematika dalam kegiatan belajar siswa di kelas awal Sekolah Dasar pada materi operasi hitung penjumlahan terdapat beberapa masalah, antara lain: problem yang pokok yaitu anggapan bahwa pelajaran Matematika merupakan bidang studi yang sulit dipelajari bagi siswa. Matematika juga membutuhkan konsentrasi dan kemampuan berpikir tinggi. Bentuk penelitian termasuk penetlitian tindakan kelas. Siswa-siswa sedikit sekali yang teliti saat menyelesaikan latihan hitungan yang mengakibatkan hasilnya belum benar. Saat siswa melakukan penjumlahan bilangan, ada perbedaaan satu angka pada hasil mereka. Penelitian ini dilakukan sebelum pandemi sehingga penerapannya pada pembelajaran luring. Hasil penelitian didapat  N-gain 77% dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran luring yang dilakukan di sekolah melalui permainan Yes One Eye Monster efektif untuk melatihkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis serta pemecahan masalah. Selanjutnya kegiatan bermain Yes One Eye Monster mampu menunjukkan hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa di lingkungan sekolah dasar.