MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN APLIKASI ROBOT ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat siswa berani, menumbuhkan kepercayaan diri serta melatih siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris dan sehingga mampu mengekspresikan kalimat-kalimatnya secara aktif dan kreatif sehingga untuk meningkatkan nilai Speaking (berbicara) mereka. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Penulis adalah guru bahasa Inggris di SMAN 1 Cibinong kelas X IPA dan IPS. Penelitian ini dibuat atas dasar permasalahan yang dihadapi penulis yaitu ketika dalam aktivitas belajar mengajar bahasa Inggris, siswa diminta berbicara dalam bahasa Inggris atau mengekspresikan ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari, mereka berbicara dengan rasa takut, tidak percaya diri, gugup dan terbata-bata bahkan ada saja siswa yang tidak mengeluarkan kata sepatahpun. Penulis menemukan sebagian besar siswa tidak mampu berekspresi dengan benar dan tidak percaya diri meskipun hanya diminta memperkenalkan dirinya sendiri. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba menggunakan aplikasi robot online versi android (ESL ROBOT PRO) yang difasilitasi oleh website WWW.ESLFAST.COM ( robot online yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris bagi pembelajar dari negara yang bahasa Inggris merupakan bahasa ke dua atau bahasa asing ) untuk berlatih berkomunikasi dalam bahasa Inggris kapan saja dan dimana saja yang diakses melalui mobilephone (telepon genggam). Aplikasi inipun sangat mudah diunduh dan tidak ada batasan waktu untuk penggunanya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar observasi yang berisi rubrik penilaian Speaking dan lembar observasi kontrol aktivitas. Siswa diminta mengirimkan video rekaman ketika mereka sedang berbicara dengan si robot dan hasil pembicaraan (chatting) yang discreenshot. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dan terlihat sebagian besar siswa termotivasi, percaya diri yang membuat mereka menjadi kreatif, senang, dan bisa mengaplikasikan apa yang sudah mereka pelajari bahkan orangtua dan anggota keluarga yang lain ikut memanfaatkan aplikasi robot online ini.