PENGGUNAAN KOOPERATIF PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SARADAN
Abstract
Pembelajaran biologi bagi peserta didik masih sukar dipahami sehingga menjadi kurang senang belajar biologi . Hal ini dibuktikan dengan nilai pelajaran biologi masih banyak yang belum tuntas setiap ulangan harian. Peneliti sebagai guru biologi masih menggunakan pembelajaran tradisional, sehingga menjadikan peserta didik bosan dan kurang antusias. Dalam pembelajaran biologi seharusnya peserta didik merasa senang, antusias, terlibat aktif sehingga dapat mengembangkan kreatifitasnya serta lebih dapat memahami materi dan mempunyai ketrampilan dalam menyelesaikan permasalahan biologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan ketuntasan belajar belajar peserta didik, dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif Problem Posing. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil siklus I terdapat 7 peserta didik mendapat nilai kognitif di bawah kriteria ketuntasan minimal atau terdapat 28% yang mengikuti remidi, dan terdapat 18 atau 72% peserta didik tuntas belajar. Pada siklus 2 terdapat 92% yang tuntas belajar. Data hasil respon peserta didik 25 siswa (100%) menyatakan sangat setuju dan memiliki kemauan yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran biologi kooperatif problem posing. Hasil pembelajaran problem posing di kelas menunjukkan layak digunakan yang di tandai dengan meningkatnya prestasi belajar peserta didik.Pembelajaran biologi bagi peserta didik masih sukar dipahami sehingga menjadi kurang senang belajar biologi . Hal ini dibuktikan dengan nilai pelajaran biologi masih banyak yang belum tuntas setiap ulangan harian. Peneliti sebagai guru biologi masih menggunakan pembelajaran tradisional, sehingga menjadikan peserta didik bosan dan kurang antusias. Dalam pembelajaran biologi seharusnya peserta didik merasa senang, antusias, terlibat aktif sehingga dapat mengembangkan kreatifitasnya serta lebih dapat memahami materi dan mempunyai ketrampilan dalam menyelesaikan permasalahan biologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan ketuntasan belajar belajar peserta didik, dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif Problem Posing. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.Hasil siklus I terdapat 7peserta didik mendapat nilai kognitif di bawah kriteria ketuntasan minimal atau terdapat 28% yang mengikuti remidi, dan terdapat 18 atau 72% peserta didik tuntas belajar. Pada siklus 2 terdapat 92% yang tuntas belajar.Data hasil respon peserta didik 25 siswa (100%) menyatakan sangat setuju dan memiliki kemauan yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran biologi kooperatif problem posing. Hasil pembelajaran problem posing di kelas menunjukkan layak digunakan yang di tandai dengan meningkatnya prestasi belajar peserta didik.