PENGEMBANGAN MEDIA PROVIDTER UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SMK KELAS XI PETERNAKAN

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui proses pengembangan media providter yang valid dan keefektifan penggunaan media providter dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris (speaking). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) yang didasarkan pada teori dari Sivasailam Thiagarajan yang dikenal dengan teori 4 D. Teori ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan Define (pendifinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu media pembelajaran providter yang diterapkan peserta didik kelas XI program keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATRm) tahun pelajaran 2018/2019 yang sedang melaksanakan PKL (prakerin). Hasil penerapan media providter ini menunjukkan bahwa media ini dapat membantu peserta didik untuk meningktkan keterampilan berbicara mereka terutama pada materi teks prosedur untuk jurusan ATRm. Kekurangan media ini apabila terkena virus maka harus melakukan penginstalan ulang karena ada beberapa file yang hilang dan untuk beberapa file memerlukan jaringan internet yang memungkinkan peserta didik tidak dapat mengaksesnya apabila ada ganguan jaringan internet.