PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI NORMA DAN KEADILAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran PPKn pada materi norma dan keadilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir yang berdasarkan pengamatan peneliti mempunyai nilai yang paling rendah dibandingkan kelas yang lain dalam hal partisipasi aktif dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi aktif belajar siswa pada siklus II. Pada Siklus I siswa yang memenuhi kriteria minimum pemenuhan partisipasi aktif yaitu nilai minimum 70 sebanyak 20 siswa (62% jumlah siswa keseluruhan). Pada Siklus II terdapat kenaikan jumlah siswa yang memenuhi kriteria minimum pemenuhan partisipasi aktif yaitu nilai minimum 70 sebanyak 27 siswa (84% jumlah siswa keseluruhan). Untuk hasil belajar, nilai rata-rata pada Siklus I sebesar 78,59 naik menjadi 81,72 pada Siklus II. Berdasarkan ketuntasan klasikal, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal nilai 75, dimana untuk Siklus I sebanyak 24 siswa (75% jumlah siswa keseluruhan) memenuhi ketuntasan hasil belajar, meningkat pada Siklus II menjadi 30 siswa (94% dari jumlah siswa keseluruhan). Karena ketuntasan klasikal sudah tercapai dan partisipasi aktif siswa meningkat maka penelitian dihentikan sampai Siklus II. Berdasarkan hasil observasi partisipasi aktif dan nilai hasil belajar siswa tiap akhir siklus, didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran PPKn materi norma dan keadilan.