PERBANDINGAN METODE CERAMAH DAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 SINJAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode ceramah dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Problem Solving. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji validitas dan uji hipotesis data, dan AL-Ilmi Jurnal Kajian Islam &Pendidikan 2 Vol.01 No 01, 2020 Volume 01 No 01 2020 ISSN (print) : xxxx-xxxx ISSN (online) : xxxx-xxxx Homepage : http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan nonequivalent control group design Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dan digali dari data angket informanya itu peserta didik kelasXI MIPA I dengan jumlah sampel 32 orang dan XI MIPA 3 dengan jumlah sampel 29 orang. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode ceramah pada peserta didik kelas XI MIPA 1 disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik selama dilakukannya tindakan. 2) Penerapan metode problem solving pada peserta didik kelas XI MIPA 3 disimpulkan terjadi peningkatan motivasi belajar berdasarkan data yang telah diuji selama tindakan. 3) Penerapan metode problem solving lebih tinggi daripada motivasi belajar peserta didik pada metode ceramah. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (4,025 > 2,042) dan P value (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA I dan kelas XI MIPA 3. Pada table group statistic terlihat rata-rata (mean) untuk kelas XI MIPA I sebesar 69,50 dan rata-rata (mean) kelas XI MIPA 3 sebesar 77,14. Artinya bahwa nilai rata-rata motivasi peserta didik yang diajar dengan metode problem solving lebih tinggi daripada nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan metode ceramah. Perbedaan rata-rata (mean) sebesar 7,65 (77,14 – 69,50) dan perbedaan berkisar antara 3,84.