PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KABUPATEN SINJAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan gaya kepemimpinan demokratis terhadap peningkatan mutu pendidikan pada MIN di kabupaten Sinjai. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regersi sederhana. Hasil penelitian, (1) variabel kompetensi manajerial kepala madrasah berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah sebesar 83,4%, dan sisanya sebesar 16,6% disebabkan oleh faktor lain diluar model regresi. (2 Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah sebesar 63,9%, dan sisanya sebesar 36,1% disebabkan oleh faktor lain diluar model regresi. (3) Komptensi manajerial dan Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah pada MIN di kabupaten Sinjai terhadap peningkatan mutu pendidikan, memperoleh rata-rata 4,18. Hal ini menunjukkan sinerginya kompetensi manajerial dan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan ditunjukkan oleh indikator standar proses yang merupakan kinci utama program pembelajaran. Kedua variabel berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan di madrasah.