PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI MENGGUNAKAN APLIKASI SEDERHANA VERSI GAJAH MADA UNTUK MENINGKATKAN SNP DI SMA NEGERI 21 MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu Sekolah dalam meningkatkan atau pemberdayaan sumber daya untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) lebih khusus lagi untuk mencapai akreditasi Sekolah semaksimal mungkin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah. PTS adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah untuk membuat peneliti lebih profesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukan inovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge). Pendekatan penelitian yaitu naturalistik-kualitatif, subjeknya sekolah yang ditentukan secara purposive yaitu SMAN 21 Makassar, peneliti bersifat insider (partisipatif) dengan hipotesis dengan aplikasi sederhana versi Gajah Mada SMAN 21 Makassar dapat meningkatkan SNP sekolahnya. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan selama 1 tahun melalui proses dan hasil yang diperoleh sekolah.sementara analisis data dilakukan dengan reduksi, paparan dan simpulan Hasil penelitian menunjukkan Aplikasi Gajah Mada dapat meningkatkan hasil SNP SMAN 21 Makassar. Dari datapun hasil pemanfaatan aplikasi ini terbukti sangat membantu tugas Pengawas, Kepala Sekolah dan Tim Penjaminan mutu sekolah terutama pemetaan 8 SNP sebagai upaya meningkatkan pemenuhan mutu pendidikan. Hasil analisis dan rekomendasi dari aplikasi telah dimanfaatkan kepala sekolah untuk membuat program sekolah dengan skala prioritas. Hasil analisis pemantauan 8 SNP menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan standar dari terakreditasi A (90) tahun 2014 menjadi terakreditasi A (94,35) di tahun 2019. Penilaian Kinerja Guru terbukti sangat membantu Pengawas dan Kepala Sekolah dalam memetakan kompetensi kinerja guru binaanya. Sejak tahun 2017 SMA Negeri 21 Makassar telah memanfaatkan Aplikasi Penilaian Kinerja. Semua guru telah dinilai secara formatif sebagai langkah awal pembinaan dan pada akhir tahun dinilai secara sumatif. Hasli penilaian kinerja guru merupakan nilai kredit guru pada unsur pembelajaran. Selanjutnya hasil penilaian kinerja guru dimanfaatkan oleh guru dan kepala sekolah sebagai nilai capaian angka kredit tahunan. Penilaian kinerja yang dilakukan secara benar menjadi motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya sehingga standar proses akan meningkat secara signifikan. Kesimpulannya bahwa pemanfaatan aplikasi berbasis microsoft excel versi gajah mada terbukti sangat membantu sekolah mengembangkan tata kelola sekolah. Pada akhir tahun 2019 diharapkan SMA Negeri 21 Makassar dapat meningkatkan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan. Akreditasi SMA Negeri 21 Makassar meningkat dari nilai 90 dengan predikat terakrteditasi A menjadi 94, 35 dengan predikat terakreditasi A tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan. Rekomendasi tulisan ini: pertama, aplikasi pemantauan 8 standar nasional pendidikan harus dikembangkan lagi dan direvisi sesuai dengan peraturan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan. Saat ini menggunakan Perangkat akreditasi SMA/MA tahun 2017 berdasarkan Keputusan Kepala Balitbang Kemendikbud No. 4 /H/AK/2017. Kedua, aplikasi penilaian hasil belajar siswa harus direvisi ulang berdasarkan 54 peraturan yang berlaku yaitu Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.