STRATEGI DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMA NEGERI 2 SINJAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kreativitas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada kelas X SMA Negeri 2 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistic. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, 1) Strategi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik, hal tersebut dapat diketahui dari perolehan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tes pertama dan tes kedua. Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik adalah pencapaian hasil belajar yang rendah atau Under Achiever dan lambat dalam belajar atau Slow Rearner. strategi yang dilakukan guru adalah melakukan pengumpulan data, pengolahan data, diagnosa, prognosa, treatmen dan evaluasi terhadap kesulitan belajar peserta didik. 2) Kreativitas yang dilakukan oleh guru merupakan lanjutan dari strategi yang telah ditetapkan berupa, penerapan metode pembelajaran yang variatif, pelaksanaan kompetisi belajar, pemberian penghargaan, motivasi dan apresiasi serta memberikan, penugasan