IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Abstract

Mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran tematik, proses pembelajaran tematik dan juga evaluasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data di dalam penelitian ini di lakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Seluruh data yang telah di peroleh di analisis kemudian di sajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) desain pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik yang dilakukan oleh guru di MIN 3 Sinjai adalah dengan memetakan dahulu kompetensi dasar dengan menetapkan tema apa yang akan dibahas dan menjabarkannya ke dalam indikator, kemudian menyusun silabus dan disusun menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), untuk pembuatan RPP masih dibuat di Kelompok Kerja Guru (KKG). 2) pelaksanaan pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga pelaksanaan pembelajaran menyeimbangkan teori dan praktiknya. Selain itu setiap pembelajaran tematik diselipkan keterampilan-keterampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan pertumbuhan nilai-nilai karakter. 3) evaluasi pembelajaran tematik dalam membentuk karakter peserta didik  menggunakan berbagai macam variasi, mulai dari catatan buku kendali maupun melalui pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh guru. Evaluasi pembelajaran di sekolah ini setiap guru mempunyai buku catatan atau buku kendali yang fungsinya untuk mengetahui perkembangan pengetahuan dan perilaku anak, perilaku terhadap orang di sekitarnya, dan perilaku dalam hal belajar. 4) karakter peserta didik yang terbentuk melalui pembelajaran tematik bisa di lihat dari kebiasaan siswa dalam mengikuti shalat Zduhur berjamaah, pelaksanaan upacara bendera tiap hari senin, pelaksanaan senam setiap hari jumat dan juga kerja bakti yang dilakukan sekali dalam seminggu.